gravatar

osilator PLL Tc9122

osilator PLL Tc9122


osilator PLL pertama yang aku buat pake TC9122.....Cukup oke . namun VCO yang aku gunakan kelas pasaran . walau sistem locknya betul-betu ok namun audionya nggak terlalu ...profesional..Prinsip dari Frequency synthesizer dengan PLL adalah:

membandingkan perbedaan Fasa / phase dari dua frekuensi yang sama, pada sebuah Phase Comparator atau phase detector. Keluaran dari P/D ini, setelah melewati low pass filter adalah berupa tegangan DC yang akan mengontrol frekuensi VCO ( voltage controlled Oscillator). Sedangkan output VCO selain sebagai frekuensi output PLL, juga diambil untuk diumpanbalikkan/dibandingkan dengan frekuensi oscillator Reference, tentunya setelah melewati Programmable divider.

Kadang2 juga diperlukan prescaler bila VCO bekerja pada frekuensi yang amat tinggi. Pada lain kasus bisa dipakai mixer untuk "menurunkan" frekuensi VCO.
Frekuensi oscillator reference adalah sama dengan frekuensi Step PLL, kecuali jika anda menggunakan prescaler. Frekuensi Step PLL = Freq.Osc. Ref X n prescaller

Sedangkan Frekuensi output PLL ( VCO ) = Frekuensi Step X n Programmable divider
Anda bisa menggunakan Prescaller dari IC TTL atau IC khusus Prescaller....